Custom Search

Mahasiswa UI, Kampanye: Stop Global Warming


Di tengah gerimis hujan, 3 November 2007, Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dengan bersemangat kampanye “Stop Global Warming” di Bundaran Hotel Indonesia, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Indonesia. Dengan bergairah mereka meneriakkan yel-yel “Stop Global Warming” kepada para pengendara yang melintasi Jalan Thamrin. Mereka juga membagikan stiker dan brosur berisi kampanye untuk mengatasi pemanasan global. Pada stiker yang dibagikan diantaranya ada tips sederhana kepada masyarakat supaya berpartisipasi aktif mengurangi global warming seperti mematikan alat listrik atau electronic kalau tidak dipakai, mematikan monitor komputer pada posisi standby, mengurangi penggunaan AC, naik speda bila pergi ke tempat yang dekat dan banyak lagi.

Gerakan mahasiswa UI ini disponsori oleh “The Body Shop” dan WWF serta Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI. Semoga pula acara besar UN Climate Change Conference 2007 di Bali, Desember 2007 ini sukses. Kawasan Resort Nusa Dua, Bali yang terkenal sebagai lokasi berbagai hotel world class sangat ramah lingkungan karena memiliki pengolahan limbah terpadu ini akan menjadi saksi bagi para peserta konferensi untuk membuktikan mereka sungguh-sungguh akan bertindak untuk mengatasi global warming yang sudah mengkhawatirkan ini.
Kegiatan kampanye Stop Global Warming oleh para mahasiswa UI ini sangat positif. Pada kesempatan itu, saya pun diberikan bibit tanaman yang bisa ditanam di halaman rumah. Ini sebuah ajakan positif, bahwa dengan melakukan penghijauan dari rumah masing-masing, masyarakat sudah memberikan sumbangsih agar bumi bisa lebih hijau dan sehat.

Alangkah indahnya bila mahasiswa dari universitas lain mengikuti movement mahasiswa Universitas Indonesia ini, begitu pula para pelajar, generasi muda dan LSM, serta perusahaan (perwujudan corporate social responsibility) aktif secara berkesinambungan melakukan kampanye Stop Global Warming, dan melakukan sosialisasi bahwa dengan cara sederhana saja dari rumah masing-masing atau kantor tempat mereka bekerja bisa bertindak aktif seperti penghematan pemakaian alat listrik, mematikan lampu yang tidak perlu, menamam bunga atau pohon di lingkungan masing-masing, dan mulai mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, sehingga berkurang pula gas CO2 di udara yang sudah penuh polusi berupa methana dan dinitro oksida dan sebagainya.

Alangkah indahnya bila kita memiliki dan bisa menikmati clean air, fresh water, blue sky dan ada green belt di kota-kota, maka kita pasti akan merasakan udara sejuk di tengah dan sekitar kota. Anak-cucu kita akan hidup lebih sehat dan happy. Pokoknya kampanye mahasiswa UI di bundaran HI itu sangat keren dan cool, bukan hanya bisa demonstrasi di bidang politik saja. Bravo mahasiswa UI. Good luck.

PS: Apabila anda atau organisasi anda punya artikel tentang aktivitas lingkungan hidup dan kampanye Stop global warming silahkan E-Mail ke: setiabudi@cbn.net.id Sangat bagus bila disertai photo anda (sebagai kontributor). Tulisan bisa dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Foto-foto pendukung artikel harap dalam format JPG dan ukuran harus kurang dari 1 Mega Pixel supaya tidak berat. Tulisan/artikel tidak perlu formal, santai saja. Terimakasih atas perhatiannya untuk berpartisipasi dalam kampanye Stop Global Warming. Terimakasih. Salam: Komang Setiabudi.

0 comments:

Submit your website